Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau disingkat SAKIP tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 yang didalamnya menyebutkan SAKIP merupakan rangkaian Sistematik dari berbagai aktifitas dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatankinerja instansi pemerintah.

Sejak tahun 2009 sistem akuntabilitas kinerja pemerintah setiap tahun dievaluasi, termasuk untuk Pemda Kabupaten Pangkep di tahun 2018 mendapatkan nilai Cc dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Predikat Cc ini menunjukkan penilaian yang stag dengan  nilai yang sama dengan  tahun 2017. Atas dasar itulah sehingga Bappeda melaksanakan Bimbingan Teknis SAKIP yang dilaksanakan selama 3 hari ( 28 Februari- 2 Maret 2019 ) di Hotel Grand Asia Makassar.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Pangkajene dan Kepulauan H. Syahban Sammana, SH yang membuka Bimtek dalam sambutannya menyampaikan bahwa target yang ingin diraih tahun depan adalah nilai B, untuk menuju kesana ada beberapa catatan khusus untuk perbaikan SAKIP kita sehingga perlu kebersamaan serta komitmen bersama demi tercapainya target tersebut.

Ditambahkan oleh Kabid Perencanaan Pengendalian dan evaluasi Bappeda Amril, S.Pi, MT, MA selaku ketua panitia pelaksana bahwa “Predikat Cc dengan nilai 58,12 % kurang 1, 88% untuk mendapatkan nilai 60 % untuk meraih kategori B, kekurangan inilah yang menjadi pekerjaan rumah kita  bersama sehingga predikat Cc bisa kita tinggalkan menjadi predikat B” ujarnya. (ind).

Laporan Ketua Panitia Bimtek SAKIP oleh Amril, S.Pi, MT, MA. (28-2-2019).
Suasana Bimtek hari kedua (01-03-2019).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here