Virus Corona atau COVID-19 yang tengah mewabah di seluruh dunia merupakan virus jenis baru dan kasus pertamanya ditemukan di Wuhan Cina pada akhir tahun lalu. Perkembangan terakhir terkait penyebaran dan dampak wabah pandemic COVID 19 yang menimpa masyarakat global mengakibatkan Pemerintah Pusat dan Daerah telah mengambil langkah-langkah strategis (social distancing) untuk meminimalkan dampak yang ditimbulkan.

Pemda Kabupaten Pangkep melalui Bupati Pangkep telah mengeluarkan surat edaran terkait upaya pencegahan penularan Virus Corona ini, diantaranya meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah sejak tanggal 18 maret sampai 2 april 2020, sedangkan untuk ASN tetap melaksanakan  aktifitas kerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti biasa. Di kantor Bappeda Pangkep, beberapa staf dalam melaksanakan aktifitasnya  hari ini menggunakan masker sebagai salah satu langkah preventif pencegahan virus Covid-19.

Ada beberapa tips / langkah preventif untuk mencegah COVID-19 seperti di bawah ini :

  1. Sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik dan ingatkan anak untuk mencuci tangan pakai sabun secara benar.
  2. Cuci tangan pakai sabun saat tiba di rumah, tempat kerja atau sekolah, sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, dan setelah menggunakan toilet.
  3. Gunakan cairan pembersih tangan minimal 60 persen kandungan alkohol bila sabun dan air mengalir tidak tersedia
  4. Tutup mulut dan hidung dengan siku terlipat saat batuk atau bersin. Gunakan tisu, yang langsung dibuang ke tempat sampah tertutup setelah digunakan. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau cairan pembersih tangan.
  5. Jaga jarak paling sedikit satu meter dengan orang. Jangan berada dekat orang yang tidak sehat.
  6. Hindari menyentuh wajah karena mulut, hidung mata dapat menjadi pintu masuk virus
  7. Menggunakan masker ketika melakukan aktifitas di luar ruangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here