Dana desa di Pangkep diharapkan fokus kurangi kemiskinan

0
163
Dana desa di Pangkep
Pelatihan perencanan, penganggaran dan penyusunan RKPDes di Pangkep

TERKINI.id, PANGKEP – Lembaga Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (Kompak) menggelar pelatihan perencanaan, penganggaran dan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) untuk 22 desa se Kabupaten Pangkep. Kegiatan yang digelar di cafe Logos Pangkep ini dilaksanakan, Rabu 22-24 November 2018.

Project Manager Kompak Provincial South Sulawesi, Ahmar Jalil mengatakan, Kompak hadir membantu pemerintah daerah hingga desa, mempercepat proses, menjadi provokator dalam membuat inovasi yang berbeda dengan kabupaten lain.

“Bagaimana menjadikan Pangkep daerah yang berkarakter, mandiri dalam penguatan pembangunan desa. Dalam pelatihan ini desa dibimbing bagaimana membuat perencanaan, penganggaran dan penyusunan RPKDes yang pro terhadap pembangunan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bappeda Pangkep, Abdul Gaffar yang hadir sebagai salah satu narasumber menekankan agar dana desa dimanfaatkan untuk kegiatan pengentasan kemiskinan. Menurutnya, masalah kemiskinan di Pangkep merupakan masalh besar.

“Masalah kemiskinan di Pangkep yang tinggi, untuk itu rencana RKP fokus pada masalah kemiskinan dan kesenjangan. Dari data, indeks 0,5 persen kemunduran ada dipulau.Hal ini masalah besar,” kata Gaffar.

Untuk hal ini, Gaffar berharap seluruh pemerintah desa untuk melakukan validasi data secara terpadu untuk melakukan intervensi melalui kegiatan yang dianggaran melalui dana desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here