Diskusi Ringan Awal Tahun Bappeda Kab.Pangkep

0
33

Pangkajene 02/01/2020

Diskusi awal Tahun yang dihadiri oleh seluruh tim Bappeda berlangsung santai, dimulai dengan aksi Pak Subag menyanyikan sebuah lagu yang mengundang decak tawa Tim Bappeda.

Dalam kesempatan ini kepala bappeda memaparkan 9 (sembilan) point penting sekaligus sebagai motifasi untuk Tim Bappeda yaitu :

1. SELEKTIF

Orang yang tidak terlalu cerdas tapi memiliki kebiasaan menyusun prioritas dengan jelas dan merampungkan tugas penting dengan cepat akan mengalahkan orang pandai yang banyak bicara dan membuat rencana hebat tapi tidak mampu menyelesaikan semuanya.

2. Kebenaran ttg Katak

Kaidah Pertama :

“Jika Anda harus memakan katak, makanlah katak yang paling jelek terlebih dahulu”

Mulailah dengan tugas yang terbesar, tersulit dan terpenting. Lalu disiplinkanlah untuk tidak mengerjakan tugas lain sebelum tugas tersebut selesai. Anggap itu sebuah tes. Perlakukan itu sebagai tantangan pribadi. Singkirkan godaan untuk mengerjakan tugas yang lebih mudah.

Kaidah kedua :

”Jika Anda memang harus memakan seekor katak hidup, tidak ada gunanya duduk dan memandanginya lama-lama”

Kunci mencapai tingkat prestasi dan produktivitas yang tinggi adalah dengan mnegembangkan kebiasaaan untuk setiap pagi mengerjakan tugas utama Anda terlebih dahulu.

3. Segera Bertindak

  • Orang-orang yang sukses dan efektif adalah mereka yang langsung mengerjakan tugas-tugas utama mereka serta yang mendisiplinkan diri untuk bekerja dengan tekun dan penuh perhatian sampai semua tugas tersebut selesai.
  • “Kegagalan menjalankan tugas” merupakan salah satu masalah terbesar dalam dunia organisasi masa kini. Banyak orang keliru mengartikan kegiatan dengan pencapaian. Mereka tidak berhenti berbicara, selalu mengadakan rapat, dan menyusun rencana-
  • -rencana hebat, tapi dalam analisis terakhir tidak ada seorang pun yang melakukan pekerjaan tersebut dan meraih yang diinginkan.4. Ciptakan Kebiasaan untuk Sukses
  • Kebiasaan untuk menentukan prioritas, mengatasi penundaan, dan melakukan tugas Anda yang paling penting merupakan kecakapan fisik dan pikiran.
  • Dengan demikian, kebiasaan ini dapat dipelajari melalui praktik dan latihan, berulang-ulang kali, sampai benar-benar tertanam di dalam bawah sadar Anda hingga menjadi bagian tidak terpisahkan dari perilaku Anda. Setelah menjadi kebiasaan, ia akan muncul dengan sendirinya dan tidak sulit untuk dilakukan.
  • Penyelesaian sebuah tugas penting akan memicu endorphin di dalam otak Anda. Endorphin ini menimbulkan rasa “mabuk” yang wajar di dalam diri Anda. Endorphin yang mengalir setelah Anda menyelesaikan sebuah tugas membuat Anda merasa lebih positif, menarik, kreatif, dan percaya diri.

5.  Mengembangkan Kecanduan Positif

Berikut ini adalah salah satu yang terpenting dari apa yang disebut rahasia sukses. Anda dapat mengembangkan “kecanduan positif” terhadap endorphin serta terhadap perasaan akan kejelasan, kompetensi, dan percaya diri yang dipicunya.

Ketika Anda mengembangkan kecanduan ini tanpa sadar Anda akan terus memulai serta menyelesaikan pekerjaan dan proyek yang lebih penting lagi.

6. Tidak ada Jalan Pintas

Latihan merupakan kunci untuk menguasai keahlian apa pun. Seperti cerita seorang lelaki yang menghentikan seorang pemusik di sebuah jalan di kota New York dan bertanya kepadanya bagaimana caranya agar dia bisa tiba di Carniegie Hall. Pemusik itu menjawab, “Latihan Bung, latihan”. Karena dengan latihan Anda bisa mempelajari perilaku apa saja atau membentuk kebiasaan apa pun yang Anda inginkan.

Jack Ma : Kegagalan adalah pelajaran paling berharga, jangan takut salah.

7.  Tiga Formasi Kebiasaan Sukses

Pertama, buatlah keputusan untuk mengembangkan kebiasaan menyelesaikan tugas.

Kedua, disiplinkan diri Anda untuk terus-menerus melatih prinsip-prinsip yang akan Anda pelajari sampai semuanya muncul dengan sendirinya.

Ketiga, dukung segala yang Anda kerjakan dengan tekad sampai kebiasaan kebiasaan tersebut tertanam kuat dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kepribadian Anda.

8.  Visualisasikan Diri anda sebagaimana yg diingingkan

Bayangan Anda tentang diri sendiri memberi pengaruh sangat kuat terhadap perilaku Anda. Bayangkanlah diri Anda sebagai sosok yang Anda inginkan di masa yang akan datang. Citra diri Anda di dalam, sangat menentukan kinerja Anda di luar. Seluruh peningkatan di luar di awali dengan peningkatan di dalam, di dalam gambaran mental Anda.

9.  Tekan Diri Anda

Grace Under Pressure

Semakin keras bola dibenturkan ke lantai, lentingannyya akan lebih tinggi

Sebagai penutup diskusi, Kepala Bappeda mengapresiasi Tim Bappeda selama Tahun 2019 dengan pemberian penghargaan Man Of The Year diberikan Kepada Bapak Hasanuddin Selaku Kepala Bidang Makro yang dianggap sangat berpengaruh dalam kinerja Bappeda selama Tahun 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here