GIZ-Endev, Bahas Kelistrikan Wilayah Kepulauan

0
20

Kegiatan ini berlangsung di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Selasa (24/9/2019). Harapannya, selain mempromosikan hasil fasilitasi program juga untuk memperoleh masukan dan melahirkan percik inspirasi untuk pengembangan ke depan.

Ada beberapa undangan nampak hadir seperti perwakilan kantor JICA Makassar, perwakilan OPD seperti Dinas ESDM, Bappeda Sulsel, Bappeda Pangkep, utusan LSM, kelompok UKM dan perguruan tinggi. Menariknya mulai dari pintu ruangan Gubernur hingga pintu masuk Ruang Rapim berdiri foto-foto kegiatan layaknya pameran, mulai dari sosialisasi hingga proses pengemasan produk kelompok perempuan di tiga desa.
Kegiatan ini disebut berkorelasi pada visi misi Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan pasangannya Andi Sudirman Sulaiman dalam pemenuhan akses listrik dan ‘Hilirisasi’ potensi dan produk lokal pesisir dan pulau.
GIZ (organisasi Jerman untuk kerja sama internasional) berperan sebagai agen utama dari pelaksanaan program EnDev. Energising Development (EnDev) adalah sebuah inisiatif berorientasi dampak antara Belanda, Jerman, Norwegia, Australia, Inggris dan Swiss. EnDev mempromosikan persediaan teknologi modern energi bagi rumah tangga dan bisnis skala kecil.

Bappeda Pangkep, mengutus Hasanuddin, ST untuk menghadiri kegiatan tersebut. Hasanuddin, ST juga sebagai Narasumber mengakui bahwa akses yang jauh, karakteristik pesisir yang kompleks serta ketersediaan dana memang menjadi tantangan dalam pembangunan Pangkep yang mempunyai pulau lebih seratusan. Bahkan ada yang berbatasan dengan NTB dan Kalimantan Selatan.

Program pembangunan daerah kami memang menekankan pada dimensi pendidikan, kesehatan, tapi bukan semata-mata basic sosial yang dibangun, kita juga tak terlepas dari pembangunan Industri Kecil dan Menengah untuk mencapai pemerataan ekonomi. Tetapi kami juga menyadari kalau ini berkaitan dengan pemenuhan akses listrik, apalagi Pangkep mempunyai pulau-pulau yang relatif jauh sehingga butuh dukungan banyak pihak.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here