KABUPATEN PANGKEP MENUJU KEMISKINAN SATU DIGIT, KOLABORASI MODEL UNIVERSITAS MEMBANGUN DESA

0
28
Sekretaris Bappeda sebagai moderator dalam rapat Tim Teknis UMD Program KKN Tematik . (7/02/19).
Sekretaris Bappeda sebagai moderator dalam rapat Tim Teknis UMD Program KKN Tematik . (7/02/19).

Program KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Perguruan tinggi di Indonesia. Namun pengabdian masyarakat dari perguruan tinggi terebut belum di pandang sebagai sebuah asset bangsa dalam membangun Desa tapi sekedar persyaratan akademis kelulusan semata.

Atas dasar itulah sehingga terwujudlah sebuah program Universitas Membangun Desa (UMD) yang diprakarsai  oleh Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) untuk mengoptimalkan potensi dan sumber daya kampus dan Universitas agar memberi dampak yang lebih besar untuk Desa, komunitas dan Pemerintah local serta menjadi model inovatif dalam rangka optimalisasi  sumber daya KKN dalam membangun desa dengan melibatkan berbagai pihak terutama perguruan tinggi, pihak swasta, pemerintah daerah dan masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh perwakilan KOMPAK yaitu  Sarwansa  dalam rapat Tim Teknis UMD Program KKN Tematik yang dilaksanakan pada hari Kamis Tanggal 7 Februari 2019 bertempat di Ruang Rapat Bappeda.

Ditambahkan pula oleh beliau bahwa program KKN Tematik yang akan dilaksanakan di Kabupaten pangkajene dan Kepulauan dengan bekerjasama dengan Universitas Jember akan mengusung 2 hal utama yaitu Bagaimana menurunkan angka Kemiskinan satu digit dan Bagaimana Program desa Mandiri bisa berjalan sesuai yang diharapkan”.

Sementara itu Sekretaris Bappeda yaitu Djadjang, ST, MT. menambahkan bahwa “ Pemkab Pangkep diharapkan memainkan peran utama dalam memfasilitasi model kolaborasi UMD ini dengan melibatkan berbagai pihak  dalam rangka menurunkan angka kemiskinan 1 digit dengan membentuk tim teknis daerah yang nantinya memiliki fungsi untuk mendampingi , monitoring, evaluasi dan publikasi program ini” ujarnya. (ind)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here