KONVERGENSI PENANGANAN STUNTING DI KABUPATEN PANGKEP

0
104

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertam kehidupan (HPK), Stunting juga mempengaruhi perkembangan otak sehingga tingkat kecerdasan anak tidak maksimal, hal ini berisiko menurunkan produktivitas anak di masa depan. Stunting dapat menjadi indikator rendahnya kualitas sumber daya manusia yang berpengaruh terhadap produktifitas dan pertumbuhan ekonomi suatu daerah, Sehingga pencegahan dan penanggulangan stunting menjadi sangat penting.

Dalam rangka konvergensi pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Pangkep maka dilaksanakan rapat koordinasi tim konvergensi penanganan stunting di Kabupaten Pangkep tahun Anggaran 2020, Selasa 21 Januari 2020 di Kantor Bappeda Pangkep. Dalam sambutannya Kadis Kesehatan Kabupaten Pangkep Dr. Indriaty Latif menyampaikan bahwa penanganan Stunting bukan hanya gaweannya Dinas kesehatan tapi semua lintas sektor dapat berkolaborasi secara terkoordinir, terpadu dan bersama sama menangani persoalan stunting di Kabupaten Pangkep.

Ditambahkan oleh perwakilan KOMPAK Pangkep Nasthain Gasba untuk menentukan lokasi penanganan Stunting ada 5 kriteria yaitu :

  1. Lokasi yang paling banyak sasarannya.
  2. Adanya perwakilan wilayah kepulauan, daratan dan pegunungan.
  3. Analisa volume perlakuan yang belum maksimal.
  4. Daya dukung pemerintah setempat.
  5. Ketersediaan sumber daya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here