Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan di bidang kesehatan lingkungan yang diberikan kepada Kota/Kabupaten yang menyelenggarakan tujuh tatanan penilaian. Pemerintah Kabupaten Pangkep kembali meraih Swasti Saba Wistara untuk kedua kalinya yang sebelumnya meraih penghargaan yang sama di tahun 2015.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam acara Penghargaan penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat tahun 2019 yang dilaksanakan di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementrian Dalam Negeri Jakarta, selasa 19 November 2019.

Ada pun Inovasi terkait penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) yang dilaksanakan  di Kabupaten Pangkep antara lain :

  1. Berhasil menurunkan perentase/jumlah anak-anak nelayan putus sekolah dengan program Kelas Perahu.
  2. Kelompok Tani Desa Bara Batu berhasil menciptakan alat untuk memanipulasi serangga di lading perkebunan.
  3. Mengembangkan metode manipulasi lingkungan dalam melindungi tanaman organic dari serangan hama dengan cara menanam tanaman bunga penarik hama di sekeliling tanaman utama.
  4. Kelompok tani berhasil merubah pola pemamfaatan lahan bandeng menjadi lahan garam di saat musim panas/musim kering. (ind)
Wakil Bupati Pangkep H.Syahban Sammana bersama Ketua DPRD Pangkep Muh. Yusran Lalogau memenerima penghargaan Swasti Saba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here