Pangkep Semakin Diminati oleh NGO: ASPPUK Akan Menjalin Kerjasama dengan Pemda Pangkep

0
14

Jum’at (27/09/2019), Bappeda kembali menerima LSM yaitu ASPPUK, pertemuan ini dihadiri oleh beberapa orang yang terdiri dari staff Bappeda dan beberapa orang dari ASPPUK, pertemuan ini dipimpin langsung oleh Kepala Bappeda. Kepala Bappeda sangat mengapresiasi rencana ASPPUK dengan Pemda Pangkep, hal ini menambah deretan NGO yang bekerja sama dengan Pemda Pangkep.

Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil (ASPPUK) adalah jaringan Ornop/LSM perempuan yang beranggotakan 54 Ornop/LSM yang tersebar di 20 propinsi di Indonesia. Aktivitas utama ASPPUK adalah melakukan penguatan perempuan usaha kecil mikro dalam pengembangan usaha dan penyadaran kritis melalui pengorganisasian, pelatihan, diskusi kritis, seminar, technical asisten, fasilitasi pengembangan dan kualitas produk serta pasar, dsb.

Perempuan memegang peranan penting dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu peran perempuan yang sering terabaikan adalah di bidang pengembangan ekonomi. Padahal, saat ini menurut Kementrian KUKM jumlah pelaku usaha mikro kecil mencapai 50,7 juta unit, secara menyeluruh perempuannya sekitar 60%nya. Sebagai akibatnya, hak-hak ekonomi perempuan masih kurang terfasilitasi.

Mitra ASPPUK akan melakukan penelitian terkait kebutuhan pemuda Pangkep untuk ditindaklanjuti ke OXFAM, dimana sasarannya yaitu 70% perempuan dan 30% laki-laki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here