bappedakabpangkep.go.id

Penilaian Adipura untuk tahun 2020 sampai 2025 menggunakan indikator dari pengelolaan sampah tiap Daerah. Hal tersebut menjadi topik dalam sosialisasi kebijakan dan strategi daerah (JAKSTRADA) terkait pengelolaan sampah rumah tangga dan sejenis sampah rumah tangga pada tanggal 9 Agustus 2019 di Ruang Rapat Wakil Bupati Pangkep yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup.

Hadir sebagai narasumber dari Kementrian lingkungan Hidup dan Kehutanan Ekoregion Sulawesi, Maluku, dan Papua yaitu Ir. Sutirta Rumansyah, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa untuk penilaian Adipura Kota Kabupaten di Tahun 2020 sampai dengan tahun 2025 ialah Pengelolaan Sampah di tiap Kota Kabupaten yang terdiri 30 % pengurangan sampah dan 70 % penanganan sampah dan merujuk pada Undang Undang nomor 18 Tahun 2008 yang meliputi 3 hal utama yaitu  Identifikasi potensi timbulan sampah, Pengumpulan data pengelolaan sampah, dan penyusunan neraca pengelolaan sampah.

‘Perlu dukungan dari semua elemen masyarakat, terutama kerjasama antar perangkat daerah, Bappeda diharapkan membantu dari sisi penganggaran’ ujarnya.

Ditambahkan pula bahwa mulai hari ini penggunaan air gelas plastik untuk rapat dan pertemuan hendaknya dikurangi dan diganti dengan gelas kaca untuk menghindari penambahan jumlah sampah plastik yang sampai saat ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan. (ind)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here